F-Mipa Unpatti Dorong Pengembangan Minyak Atsiri di Dusun Rumahlait
Fakultas MIPA Universitas Pattimura Ambon #
User

F-Mipa Unpatti Dorong Pengembangan Minyak Atsiri di Dusun Rumahlait

Masohi, Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-Mipa) menemukan potensi besar pengembangan minyak atsiri  di Dusun Rumahlait  Negeri Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih. Potensi pengembangan minyak Atsiri ini mulanya, terdeteksi dari ragam hasil perkebunan yang menghampar di wilayah tersebut.

"Dusun Rumalit Desa Tananahu Kecamatan Teluk Elpaputih memiliki beragam sumber perkebunan yg dapat dikembangkan. Dapat diolah menjadi turunan-turunannya.  Salah satunya adalah minyak atsiri. Minyak atsiri dapat diproduksi melalui proses penyulingan secara konvensional maupun modern," tandas ketua tim pengabdian masyarakat jurusam Kimia FMIPA universitas Pattimura  Dr. Catherina M. Bijang, M.Si.

"Mengacu pada potensi pengembangan sumberdaya perkebunan tersebut, kita (beberapa Dosen) Jurusan Kimia FMIPA Universitas Pattimura yg diketuai oleh Dr. Catherina M. Bijang, M.Si dengan tim Drs. Adriani Bandjar, M.Sc dan Muhtar, S.Sos, MA mengadakan pengabdian masyarakat di daerah ini," tambahnya.

Dijelaskan, Pengabdian masyarakat yg dilakukan merupakan bagian dari penerapan riset-riset yg pernah dilakukan selama ini. Detilnya, dilakukan melalui  metode penyuluhan tentang strategi produksi minyak lawang, strategi pengemasan, SOP pemilihan bahan baku, pengembangan jaringan pemasaran, hingga proses pelabelan. "Pada dasarnya, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini merupakan aktualisasi program tridarma perguruan tinggi. Kegiatan ini mendapat dukung penuh dari Kementerian Riset, teknologi, dan pendidikan tinggi untuk tahun pelaksanaan 2019," jelasnya.

Melalui kegiatan ini, diharapkan bisa menginisiasi lahirnya kelompok-kelompok penyulingan dengan memanfaatkan sumber minyak atsiri. Dan, mendorong lebih banyak lagi masyarakat untuk mengembangkan  pengolahan minyak Atsiri melalui  penyulingan dengan sumber daya perkebunan yang lain.

"Dengan demikian, akan lebih banyak simpul-simpul ekonomi masyarakat  yang bisa digerakan guna memacu meningkatnya kesejahteraan petani, masyarakat dan daerah," sebutnya. Tidak sebatas menularkan ilmu pengetahuan saja, tim juga menyalurkan peralatan pembuatan  minyak atsiri.

Peralatan ini juga merupakan prototype yang telah diujikan untuk melakukan penyulingan. "Dengan adanya peralatan penyulingan ini diharapkan, masyarakat dapat menjadikan contoh untuk pengembangan peralatan penyulingan jika ada kelompok penyuling yang lain ingin mengembangkan peralatan sejenis," tutup Bijang.


Image

Write a Facebook Comment

Leave a Comments

Jejak Pendapat

Pendapat Anda Tentang Penanganan Covid 19 saat ini

Video Terbaru
Kanan - Iklan Sidebar
Weekly Toplist